Ragam Strategi Branding untuk Bisnis, Paling Efektif!

Strategi branding bisnis, Sumber: bizj.us

Pernahkah Anda berpikir kenapa brand sebuah bisnis tertentu bisa sangat terkenal dan tersimpan di memori pelanggan? Jawabannya adalah di balik brand yang terkenal, ada strategi branding tepat yang dijalankan. Tanpa pengaplikasian strategi ini, rasanya akan sangat sulit bagi bisnis yang Anda jalankan untuk bersaing dengan kompetitor.

Sebagaimana diketahui, persaingan bisnis bisa dikatakan semakin ketat dari waktu ke waktu. Bukan hanya jumlah pesaing saja yang bertambah, tetapi kompetitor senantiasa melakukan inovasi untuk meningkatkan daya saing mereka. Tentu, jika Anda tidak melakukan jalan yang sama, maka Anda akan jauh tertinggal.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas ragam strategi branding yang efektif untuk meningkatkan brand awareness bisnis Anda dan juga menaikkan daya saing di mata kompetitor. Apa saja strategi yang dimaksud?

Sekilas Tentang Strategi Branding

Mengenal strategi branding, Sumber: flexmr.net
Mengenal strategi branding, Sumber: flexmr.net

Sebelum membahas tentang ragam strategi yang bisa diaplikasikan untuk branding bisnis, sebenarnya apa yang dimaksud dengan strategi branding tersebut?

Dalam pengertian singkat, strategi branding upaya yang dilakukan untuk menciptakan serta mengenalkan nilai brand bisnis pada target market sebagaimana marketing event. Bisa dikatakan bahwa strategi ini merupakan upaya jangka panjang yang nantinya secara berkala akan membantu meningkatkan brand awareness serta menciptakan kestabilan bisnis. 

Tidak hanya itu, melalui strategi branding yang diterapkan, Anda bisa menunjukkan keunikan bisnis Anda. Keunikan inilah yang nantinya menjadi identitas bisnis dan alasan kenapa target market harus memilih produk atau layanan yang Anda tawarkan dibandingkan produk dan layanan sejenis dari kompetitor. 

Pentingnya Strategi Branding untuk Bisnis

Pentingnya strategi branding untuk sebuah bisnis, Sumber: thehartford.com
Pentingnya strategi branding untuk sebuah bisnis, Sumber: thehartford.com

Beberapa dari Anda mungkin berpikir bahwa strategi branding bukanlah hal yang penting. Alasannya, seiring berjalannya waktu, target market pasti akan mengenal bisnis Anda dan menjadikannya opsi di antara berbagai pilihan lainnya. 

Pandangan tersebut tentu saja salah. Perlu dipahami bahwa ada beberapa alasan kenapa strategi branding menjadi hal yang krusial untuk manajemen bisnis Anda. Beberapa alasan yang dimaksud diantaranya:

  • Membedakan brand bisnis Anda dengan kompetitor serta menegaskan apa yang menjadi keunikan brand Anda dibanding lainnya
  • Meningkatkan hubungan emosional antara brand dengan target market sehingga memudahkan target market untuk menjadi konsumen yang loyal, terutama jika Anda menjalankan bisnis event organizer
  • Membantu memposisikan brand dalam upaya pemasaran untuk menciptakan persepsi yang tepat di kalangan target market yang efeknya meningkatkan penjualan
  • Membangun citra bisnis menjadi brand yang mudah diingat di benak target market

Selain beberapa poin di atas, strategi branding juga berguna untuk memudahkan pengenalan produk baru. Dengan demikian nantinya upaya Anda untuk berinovasi pun akan semakin mudah dan daya tarik di pasar secara berkala akan meningkat. 

Ragam Strategi Branding Paling Efektif untuk Bisnis

Strategi yang paling efektif untuk bisnis, Sumber: thebrandingjournal.com
Strategi yang paling efektif untuk bisnis, Sumber: thebrandingjournal.com

Dengan berbagai manfaat strategi branding untuk operasional bisnis, menemukan strategi yang tepat adalah keharusan. Untuk memudahkan Anda, berikut ada beberapa opsi strategi branding yang bisa Anda pertimbangkan untuk diterapkan.

1. Menggunakan Logo yang Tepat

Salah satu strategi branding yang sebenarnya simple tapi cukup efektif adalah menggunakan logo yang tepat. Logo tidak bisa dianggap sebelah mata karena logo menjadi image bisnis yang secara tidak langsung akan dilirik oleh target market.

Terkait hal ini, logo yang tepat akan memudahkan target market untuk mengenali produk atau layanan yang Anda tawarkan. Nah, Anda bisa melihat brand lainnya untuk mencari inspirasi logo dan kemudian membuat logo yang merepresentasikan identitas bisnis Anda.

2. Membuat Tagline yang Cocok

Selain logo, agar brand bisnis Anda mudah diingat oleh target market, ada baiknya jika Anda membuat tagline yang cocok. Ya, tagline yang cocok akan membentuk cara pandang target market mengenai produk atau layanan yang Anda miliki.

Misalnya saja, ada produsen produk motor tertentu yang menggunakan tagline “Si Gesit Irit”. Dari tagline tersebut, target market bisa membaca bahwa motor yang diproduksi tidak hanya gesit dalam hal performa, melainkan juga irit dalam pemakaian bahan bakar.

3. Melakukan Kampanye di Media Sosial

Agar upaya strategi branding yang Anda lakukan berhasil, Anda perlu melakukan kampanye di media sosial. Terlebih, perlu disadari bahwa bisnis saat ini bergerak ke dunia digital. Tanpa turut berada di arus utama digitalisasi, bisa jadi branding bisnis Anda tidak akan berhasil dan artinya bisnis Anda pun nantinya stuck.

Ada cukup banyak media sosial yang bisa dijadikan platform bisnis, seperti Instagram, Facebook, TikTok dan lainnya. Hanya saja, untuk kesan yang lebih profesional, akan lebih baik jika Anda membuat website bisnis. Tak perlu repot jika tidak bisa membuat website profesional karena sekarang ada banyak jasa pembuatan website yang bisa diandalkan.

4. Meningkatkan Kualitas

Tidak hanya melakukan upaya eksternal sebagaimana dijelaskan di atas, Anda juga harus melakukan upaya internal untuk meningkatkan branding. Dalam hal ini, secara konsisten, Anda harus meningkatkan kualitas produk dan layanan yang tersedia.

Poin ini sangat krusial karena nantinya konsumen akan kembali pada kualitas sebagai alasan memilih produk atau layanan. Oleh karenanya, secara konsisten, tingkatkan kualitas produk dan layanan untuk memastikan bisnis Anda unggul dibandingkan dengan lainnya.

Selain beberapa poin di atas, strategi branding yang bisa Anda coba adalah dengan memberikan souvenir pada konsumen. Cara ini mungkin sepele, tetapi souvenir yang diberikan bisa menjadi pengingat dan kesan jika Anda memberikan pelayanan yang baik.

Jasa pembuat tiket gelang lanyard, Sumber: jagoantiket.com
Jasa pembuat tiket gelang lanyard, Sumber: jagoantiket.com

Ada cukup banyak ide souvenir yang bisa diberikan. Nah, Jagoan Tiket menyediakan souvenir berupa gelang lanyard yang unik dan efektif membantu upaya Anda meningkatkan branding. Dengan gelang lanyard, Anda bisa menuliskan tagline bisnis dan informasi kontak untuk memudahkan konsumen menghubungi Anda. 

Tidak hanya itu, dengan desain yang menarik, gelang lanyard tentu bisa menjadi hiasan yang unik. Tertarik dengan ide souvenir ini? Hubungi CS Jagoan Tiket untuk pemesanan!

Admin

Admin

Leave a Replay