Salah satu tantangan dalam penyelenggaran konser yang kerap menjadi batu sandungan adalah marketing event. Pasalnya, banyak event konser yang tidak mampu mendatangkan banyak penonton karena strategi pemasaran yang salah. Tentu, jika hal ini terjadi, Anda sebagai penyelenggara pun bisa mengalami kerugian yang tidak sedikit.

Seperti diketahui, dunia perhelatan event telah berubah drastis semenjak dimulainya era digital. Terlebih tahun 2023 ini adalah tahun penuh tantangan pasca pandemi COVID 19, dimana persaingan industri event semakin ketat. Dengan banyaknya konser yang diselenggarakan, tentu diperlukan strategi marketing yang efektif agar bisa bersaing.

strategi marketing berpengaruh besar pada kesuksesan konser. sumber: whatsnewindonesia.com
strategi marketing berpengaruh besar pada kesuksesan konser. sumber: whatsnewindonesia.com

Nah, kali ini akan dibahas secara lengkap tentang strategi marketing event yang paling efektif untuk diterapkan dalam menyelenggarakan sebuah konser. Tentu, dengan strategi yang tepat, konser akan terselenggara dengan sukses dan keuntungan besar akan menanti!

Ragam Strategi Marketing Event Konser Paling Efektif

Seperti disinggung sebelumnya, strategi marketing akan berpengaruh pada bagaimana jalannya konser. Dengan strategi marketing event konser yang tepat, tentu Anda bisa mendatangkan lebih banyak penonton dan konser yang diselenggarakan bisa sukses.

Ada beberapa strategi marketing yang bisa Anda coba terapkan. Beberapa diantaranya adalah:

1. Cari Waktu Tepat

Sebelum mengadakan suatu event, maka penyelenggara harus merencanakan terlebih dahulu kapan waktu event tersebut akan digelar. Ini adalah strategi marketing event yang penting karena waktu yang tepat menjadi salah satu faktor penting suksesnya sebuah event konser berlangsung.

Memanfaatkan akhir pekan adalah pilihan bagus untuk mengadakan sebuah event konser. Di hari tersebut, banyak orang memiliki waktu senggang dan santai yang sangat cocok bila dihabiskan bersama keluarga untuk menonton sebuah konser.

Terlebih jika penyelenggara memanfaatkan hari libur panjang seperti liburan semester atau liburan hari besar nasional. Maka persentase kesuksesan sebuah event konser akan cenderung lebih besar.

2. Mengundang Bintang Tamu yang Menarik

Strategi marketing event selanjutnya adalah mengundang bintang tamu yang sedang populer d. Pihak penyelenggara dapat melihat animo masyarakat terhadap ketertarikan pada bintang tamu di beberapa media sosial yang ada.

Selain mengundang bintang tamu nasional, penyelenggara juga bisa mengundang bintang tamu lokal yang memiliki banyak penggemar di suatu wilayah. Pesona daya tarik bintang tamu lokal bisa membawa dampak baik dalam suatu event konser.

bintang tamu menjadi bagian strategi marketing konser. sumber: amazonaws.com
bintang tamu menjadi bagian strategi marketing konser. sumber: amazonaws.com

Bintang tamu ini juga bisa berperan sebagai Influencer untuk mempromosikan event konser yang akan berlangsung. Tidak perlu selebgram yang sangat terkenal, cukup yang memiliki potensi yang bisa menjangkau banyak anak muda, atau yang sesuai dengan target event konser. Yang penting sesuai budget!

3. Menentukan Target Pengunjung

Hampir setiap bulan ada beberapa konser yang diselenggarakan di berbagai tempat. Nah, maka dari itu bagi Anda yang ingin mengadakan sebuah konser, maka perlu juga untuk merencanakan konser tersebut berbeda dengan konser lainnya.

Tentukan jumlah penonton yang menjadi target konser, apakah konser tersebut untuk kalangan anak muda, umum atau dari kalangan lainnya. Dengan spesifikasi penonton tersebut, maka konser akan semakin memberi kesan eksklusif dan semakin diminati.

Tempat atau venue berlangsungnya sebuah konser juga akan berpengaruh terhadap antusiasme calon penonton. Venue yang dipersiapkan dengan matang, baik indoor maupun outdoor akan menjadi nilai poin tambah berlangsungnya sebuah konser.

4. Sediakan Hadiah atau Doorprize

Untuk memberi daya tarik tersendiri, pihak penyelenggara dapat mengadakan semacam kuis atau kontes dengan memberikan hadiah atau doorprize saat pembelian tiket event. Hadiah bisa berupa merchandise atau lainnya yang berhubungan dengan konser yang akan berlangsung.

Tidak perlu hal-hal yang terlalu sulit, Anda bisa mengadakan lomba selfie, atau sekedar menjawab pertanyaan, dan lain lain sebagainya. Kontes atau kuis tersebut berfungsi sebagai bentuk promosi interaktif yang tersebar dari mulut ke mulut dan cukup efektif dibandingkan dengan promosi biasa di media sosial.

5. Upgrade Tiket

Dalam sebuah penyelenggaraan konser, masalah tiket pun menjadi bagian vital yang tidak boleh terlewatkan. Selain menjadi tanda masuk bagi para penonton, tiket juga harus memiliki tampilan instagramable untuk keperluan update di media sosial.

Jaman sekarang, semua benda bisa menjadi bahan postingan di setiap media sosial, termasuk tiket konser. Semakin menarik desain tiket, maka para penonton pun akan semakin berminat untuk memilikinya sebagai konten postingannya.

tiket gelang, inovasi menarik untuk seminar. sumber: decolore.net
tiket gelang, inovasi menarik untuk konser. sumber: decolore.net

Nah, salah satu tiket yang eye catching dan instagramable adalah tiket jenis gelang. Gelang tiket selain untuk akses masuk venue, juga akan memberi kesan modis bagi penonton yang memakainya di pergelangan tangannya. Tiket jenis ini sangat mudah dipakai, tidak mudah sobek dan cocok dipakai di berbagai jenis konser.

6. Memaksimalkan Promosi

Siklus periode dalam penjualan tiket biasanya melonjak di dua momen, yaitu di awal periode penjualan dan disaat akhir menjelang event akan berlangsung. Penyelenggara biasanya akan fokus promosi di dua momen tersebut, tapi momen gap di antara kedua momen seringkali terlupakan.

Untuk itu, alokasikan sedikit waktu dan anggaran untuk promosi, seperti melakukan promosi di media sosial, email, digital advertising dan aplikasi chatting lainnya. Monitor terus siklus penjualan tiket event tersebut dan lakukan perubahan sesuai dengan analisa penjualan agar bisa lebih maksimal. Serta memakai endorse tokoh public figure atau artis dunia maya untuk mendongkrak penjualan tiket.

Selain aktif promosi di media sosia, pihak penyelenggara juga perlu gencar dalam promosi secara offline. Seperti menyebar brosur, membuat spanduk, baliho, flyer dan sebagainya. Promosi offline ini masih memiliki daya pikat di beberapa kalangan masyarakat Indonesia.

Pesan Gelang Tiket Konser di Jagoan Tiket!

Seperti diketahui, tiket menjadi hal yang krusial dalam penyelenggaraan event konser. Bukan hanya terkait pemasaran konser ataupun keamanan konser saja, namun tiket juga memberikan kesan berbeda untuk setiap penonton. Inilah alasan kenapa Anda perlu upgrade tiket demi konser yang lebih meriah dan sukses.

Nah, tiket gelang lanyard bisa menjadi pilihan yang tepat. Dibuat dengan bahan berkualitas yang tidak mudah sobek, tiket ini aman digunakan penonton selama konser berlangsung. Tidak hanya itu, tiket gelang ini pun bisa ditambahkan sistem barcode untuk keamanan yang lebih baik. Tentu, dengan keamanan maksimal, penyusup konser pun bisa diminimalkan.

tiket gelang konser menarik dengan aneka desain. sumber: phoenixnewtimes.com
tiket gelang konser menarik dengan aneka desain. sumber: phoenixnewtimes.com

Jagoan Tiket menyediakan layanan pembuatan tiket gelang berbahan lanyard yang berkualitas. Tidak hanya itu, Anda pun bisa membuat tiket gelang dengan beragam desain berbeda sesuai keinginan.

Jadi, tunggu apalagi, segera saja hubungi Jagoan Tiket dan buat tiket gelang istimewa untuk konser yang sukses. Tenang, kami sudah berpengalaman membuat ribuan tiket berkualitas dengan tepat waktu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *