5 Tips Membuat Paket Wisata Rombongan, Cocok untuk Pemula!

wisata rombongan. sumber: liputan6.com

Bisnis wisata menjadi sebuah bisnis yang cukup menjanjikan. Tak heran banyak travel agent yang mulai membuka layanan bisnis yang satu ini. Apalagi jika liburan sekolah telah tiba, para travel agent berlomba-lomba membuka berbagai layanan paket wisata rombongan dengan berbagai promo yang menggiurkan.

Memang, paket wisata untuk rombongan bisa dijadikan ide promosi yang sangat menarik. Pasalnya, selain memudahkan wisatawan untuk menikmati liburan bersama-sama, umumnya harga paket wisata rombongan juga lebih terjangkau.

Nah, berbincang tentang paket wisata untuk rombongan tersebut, pada kesempatan ini akan dibahas tentang tips membuat paket wisata tersebut yang tepat demi bisnis yang berkembang. Penasaran bagaimana saja tips tersebut? Simak ulasannya!

5 Tips Membuat Paket Wisata Rombongan

Jangan dikira merancang sebuat paket liburan adalah hal yang mudah dan sederhana. Ada banyak sekali puzzle yang harus dipertimbangkan agar layanan paket wisata yang menggiurkan bisa terwujud dan terlaksana.

Agar membuat para wisatawan tertarik, tak cukup dengan berbagai promo dan diskon yang menjanjikan. Destinasi, alat transportasi hingga track perjalanan yang akan dilewati menjadi sekelumit contoh hal-hal yang patut diperhatikan oleh para travel agent.

wisatawan berkeliling danau dengan perahu. sumber: reportaseinvestigasi.com
wisatawan berkeliling danau dengan perahu. sumber: reportaseinvestigasi.com

Satu hal yang paling penting dalam membuat paket wisata rombongan adalah kepuasan wisatawan yang dapat terlihat dari respon positif seperti testimoni atau repeat order.

Berikut kami rangkum beberapa tips membuat paket wisata rombongan untuk pemula. Sangat cocok bagi Anda para pebisnis yang baru memulai bisnis travel.

1. Lakukan Analisis dan Tren Pariwisata Kekinian

Sudah menjadi sebuah keharusan bagi para pebisnis untuk selalu update berita terkini seputar bisnisnya. Jika dilihat dari segi kecenderungan, masyarakat Indonesia memiliki tren pariwisata yang cukup unik dan senantiasa mengalami perubahan. Itulah mengapa seorang travel agent harus mengikuti tren yang ada dan tidak menutup diri dari dunia teknologi.

Dengan selalu mengikuti tren juga berita-berita terkini, akan muncul inovasi dan kreativitas yang mampu menggebrak pariwisata yang monoton dan statis. Bisa dipastikan bisnis travel yang selalu punya inovasi dan kreasi akan eksis dan tahan lama di pasaran.

2. Pilih Jenis Paket Wisata dengan Tepat

Setelah melakukan analisis secara mendalam terkait tren pariwisata, Anda dapat menentukan jenis paket wisata yang hendak Anda buat. Perlu diingat, menentukan jenis paket wisata merupakan suatu yang sangat menentukan dalam keberhasilan suatu bisnis. Anda dapat melakukan pendekatan dengan cara siapa target wisatawan yang akan dituju.

Misalnya jika ingin menyasar para keluarga, maka Anda dapat membuat wisata bertemakan liburan keluarga plus belajar sambil bermain dengan destinasi rekreasi tempat bersejarah. Atau bisa juga wisata alam tujuan Taman Nasional yang nantinya akan lebih mengulik tentang keindahan serta panorama alam yang luar biasa.

3. Buat Alur dan Jadwal Perjalanan dengan Rapi

Apabila tema umum serta jenis paket wisata telah ditentukan, berikutnya Anda dapat menyusun alur kerangka perjalanan wisata ini secara global. Mengapa perlu disusun? Agar nantinya Anda dapat mengontrol sampai mana perjalanan wisata ini dan memerlukan durasi berapa lama.

itinerary dalam wisata paket rombongan, penting dibuat di awal. sumber: tourgroupplanners.com
itinerary dalam wisata paket rombongan, penting dibuat di awal. sumber: tourgroupplanners.com

Disarankan untuk menyusun alur dengan urut mulai dari titik keberangkatan hingga perjalanan pulang. Adapun jadwal perjalanan juga perlu Anda susun secara seksama, guna menjadi gambaran para wisatawan yang hendak menggunakan jasa Anda. Semakin rapi Anda dalam menyusun jadwal, maka semakin membuat calon konsumen merasa tertarik.

4. Gunakan Tiket Gelang Sebagai Tanda Pengenal

Saat para wisatawan memutuskan menggunakan jasa layanan paket wisata Anda, akan ada bukti berupa tiket yang nantinya menjadi tanda pengenal para wisatawan. Sebagai travel agent, Anda dapat menggunakan tiket gelang sebagai tiket masuk paket wisata keluarga. Dengan tiket gelang wisata itu, bisnis travel Anda akan terlihat profesional dan menjanjikan.

Berbicara keuntungan, sebenarnya ada banyak sekali keuntungan menggunakan tiket gelang sebagai tiket paket wisata rombongan. Misalnya saja dengan tiket gelang sebuah bisnis travel terlihat lebih berpengalaman dan profesional. Bisa juga tiket gelang menjadikan pemakainya lebih mudah dalam pemakaiannya, terlihat lebih simpel dan tetap elegan.

Tiket gelang juga ternyata tahan air dan berbagai cuaca ekstrem lainnya sehingga sangat aman dibawa pada perjalanan wisata. Tidak heran apabila Anda amati dengan seksama, saat ini hampir seluruh paket wisata yang ditawarkan para travel agent menggunakan tiket gelang sebagai tiket masuknya.

5. Hitung Pengeluaran dan Keuntungan

Setelah semua selesai dibuat, Anda jangan lupa untuk menghitung total pengeluaran sebuah paket wisata. Cobalah untuk menghitung pengeluaran mulai dari pertama kali seperti harga masuk ke tempat destinasi, berapa bensin yang diperlukan, biaya kontrol transport, harga penginapan, biaya makan, hingga biaya keamanan.

Jangan lupa juga untuk menghitung biaya jasa Anda sebagai travel agent yang mengurus dan membuat paket wisata yang menyenangkan tersebut. Dalam penghitungan ini Anda harus teliti dan tidak boleh ada yang terlewat barang satu pun. Jika sudah Anda bisa membuat harga paket wisata dengan berpedoman dengan jumlah pengeluaran Anda.

Mari Pesan Tiket Gelang Berkualitas Bersama Kami

Dalam dunia pariwisata, membuat paket wisata rombongan akan sangat diminati terlebih untuk keluarga yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama-sama. Karena itulah bagi Anda para travel agent tidak hanya cara membuat event yang perlu Anda ketahui, namun juga tips-tips membuat paket wisata yang menarik.

Seperti disinggung di awal, tiket gelang bisa menjadi bagian tips yang tepat untuk mengelola bisnis wisata. Dengan tiket yang unik ini, bisa jadi wisatawan akan mendapatkan daya tarik tersendiri.
Nah, jika Anda ingin memesan tiket gelang untuk keperluan wisata dengan desain istimewa dan harga terjangkau, segera saja hubungi Jagoan Tiket!

Ichsan Said

Ichsan Said

Leave a Replay