Kepuasan wisatawan merupakan salah alasan kembalinya pengunjung ke suatu destinasi wisata tertentu. Terlebih pada momen liburan, destinasi yang mampu memberi kesan memuaskan akan menjadi pilihan utama untuk berlibur. Tentu, semakin banyak pengunjung yang datang, maka potensi keuntungan pun juga akan meningkat.

Selain objek sebuah destinasi, layanan merupakan hal yang tak kalah penting dalam bisnis wisata. Keberadaan keduanya merupakan perpaduan untuk menarik minat, juga memberi kepuasan. Pengelola wisata perlu memperhatikan berimbangnya hal tersebut.

Meskipun objek wisata berperan penting dalam indikator kepuasan wisatawan, layanan yang maksimal akan memberi kesan tersendiri. Bisa dibayangkan bukan jika suatu objek wisata sudah bagus dan menarik namun layanan pengelola sembarangan?

Kenapa Wisatawan Tak Minat Berkunjung ke Destinasi Wisata?

Sudah menjadi rahasia umum setiap ada pembukaan destinasi wisata baru, pengunjung mempunyai antusias yang besar. Namun seiring berjalannya waktu, pengunjung biasanya akan berangsur menurun dan berkurang.

Dalam hal ini pengelola harus jeli melihat keadaan. Meskipun indah dan menawan, objek yang monoton lambat laun tetap akan berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan. Inovasi dan kreasi perlu terus dikembangkan agar pengunjung tetap mau kembali.

seorang wisatawan menikmati sunbeam di dalam goa. sumber: istockphoto.com
seorang wisatawan menikmati sunbeam di dalam goa. sumber: istockphoto.com

Pengelolaan layanan yang baik bisa menjadi daya tarik tersendiri. Jika objek suatu destinasi wisata sulit atau terkendala untuk diperbaharui, pengelola bisa memaksimalkan layanan. Mulai dari sumber daya pengelola hingga fasilitas yang diberikan. Tanpa ada strategi yang inovatif dan kreatif, grafik kunjungan wisatawan yang menurun hanya tinggal menunggu waktu.

Jika melihat destinasi wisata yang dikelola secara profesional, ada pengembangan yang terus dilakukan oleh pihak pengelola. Misalnya, mulai dari hal kecil seperti memberi tanda peserta pada setiap pengunjung rombongan, hingga program-program menarik dan kekinian.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah dalam urusan tiket. Meskipun terlihat sepele, tiket memiliki pengaruh yang cukup besar. Terlebih saat ini, banyak pengunjung yang mengunggah foto tiket untuk update status.

Hal di atas sebenarnya membuka peluang bagi para pengelola tempat wisata. Salah satu solusi yang bisa diambil adalah menyediakan tiket unik yang akan membuat para pengunjung merasa senang saat mendapatkannya.

Tips Tingkatkan Kepuasan Wisatawan

Berdasarkan ulasan di atas, tips berikut dapat dijadikan sebagai referensi dalam upaya memberikan kepuasan pada wisatawan:

1. Inovasi dan Kreasi Objek

Untuk meningkatkan kepuasan para wisatawan yang datang, ada baiknya jika Anda sebagai pengelola melakukan inovasi dan kreasi terhadapnya. Salah satu contoh yang bisa dilakukan adalah memberi ornamen tambahan. Ornamen yang indah akan menghidupkan suasana sebuah destinasi wisata. Terlebih jika ornament tersebut diperbaharui secara berkala.

2. Peningkatan Layanan

Selain itu layanan yang diberikan juga perlu diperhatikan. Sebagai bisnis yang memberikan layanan jasa, dalam hal ini sumber daya pengelola memegang peran penting. Selain selalu ramah dan cekatan dalam memberi layanan, pengelola akan lebih baik jika senantiasa terbuka dalam menerima kritik dan saran dari para pengunjung.

3. Memaksimalkan Fasilitas

Satu hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan guna meningkatkan kepuasan wisatawan adalah adanya fasilitas yang diberikan. Tak sekedar lengkap, fasilitas juga perlu untuk terus dirawat dan diperhatikan. Kejadian fatal yang membuat pengunjung risih adalah sampah yang tak terkondisikan dengan baik.

Tak cukup sampai disitu, hal lain yang sering menimbulkan kekecewaan pengunjung adalah keadaan toilet. Toilet perlu terus dirawat agar membuat pengunjung merasa nyaman ketika mereka menggunakannya.

fasilitas tempat wisata, berpengaruh para kepuasan pengunjung. sumber: voi.id
fasilitas tempat wisata, berpengaruh para kepuasan pengunjung. sumber: voi.id

Di sisi lain tiket yang terkesan hanya untuk memungut uang tanpa inovasi juga kadang membuat pengunjung bosan. Seperti yang disinggung sebelumnya, tiket wisata saat ini menjadi objek update status banyak pengunjung. Padahal saat ini ada teknologi yang mampu memproduksi tiket berkualitas.

Meskipun tingkat kepuasan wisatawan berbeda-beda, namun profesionalitas tetap harus dilakukan dalam semua usaha. Tips di atas dapat dijadikan sebagai satu sarana meningkatkan profesionalitas dalam usaha dunia wisata.

Gelang Tiket untuk Menunjang Kepuasan Wisatawan

Sebagaimana dibahas sebelumnya, banyak pengunjung yang memfoto tiket wisata dan mengunggahnya di akun media sosial mereka. Nah, kebiasaan ini bisa menjadi peluang untuk meningkatkan kepuasan para wisatawan dengan memberikan gelang yang unik.

Salah satu ide modern terkait tiket wisata ini adalah tiket gelang berbahan lanyard. Opsi ini bisa menjadi pertimbang para pengelola lokawisata, terlebih adanya berbagai keunggulan dari jenis tiket ini.

Beberapa diantaranya adalah:

1. Tidak Mudah Dipalsukan

Tiket yang dipalsukan akan menimbulkan kerugian tersendiri bagi para pengelola destinasi wisata. Pasalnya jika tiket palsu tersebut disalahgunakan oknum tertentu, tentu akan merusakan nama serta merugikan pengunjung. Tiket gelang berbahan lanyard tak mudah dipalsukan karena desain dan bentuknya yang unik.

2. Sekali Pakai

Selain itu dalam tiket gelang berbahan lanyard biasanya tertera tanggal dan waktu pengunjung masuk ke sebuah event atau tempat wisata. Dengan demikian saat event atau kunjungan selesai, maka tiket tersebut sudah tak bisa digunakan lagi.

3. Anti Air

Hal menarik lain dari gelang tiket yang bisa disediakan adalah tiket ini anti air. Bahan lanyard yang hampir sama dengan kain tidak akan larut dalam air. Selain itu apa yang tertulis padanya juga tidak akan hilang. Tentu, Anda yang mengelola destinasi wisata dengan wahana air pun akan terbantu untuk menyediakan tiket yang awet.

3. Penanda Peserta

Selain itu tiket jenis ini juga akan berfungsi sebagai penanda peserta sebuah rombongan. Juga, tiket ini bahkan bisa menjadi tambahan fashion. Apalagi desain bisa disesuaikan sedemikian rupa dengan selera.

4. Bonus Barcode

Di tengah perkembangan arus teknologi, barcode dapat dijadikan sarana memudahkan pengunjung. Pengunjung bisa melakukan pesan tiket secara online. Saat masuk ke dalam sebuah tempat wisata, tinggal scan barcode lalu masuk. Dengan demikian antri akan terurai dengan adanya fitur ini.

tiket gelang yang modern bisa menunjang kepuasan wisatawan. sumber: samarainti.com
tiket gelang yang modern bisa menunjang kepuasan wisatawan. sumber: samarainti.com

Pesan Tiket Gelang Lanyard Sekarang Hanya di Jagoan Tiket

Untuk membuat tiket gelang berbahan lanyard, Anda tidak perlu repot dan bingung mencari tempat pembuatan. Pasalnya, Jagoan Tiket menyediakan berbagai jenis tiket gelang lanyard. Pesan pun dapat dilakukan secara online.

Terkait pembuatan gelang tiket, Anda bisa request desain sesuka hati. Tentu saja, kami akan senantiasa memberikan harga terjangkau dalam setiap transaksi dengan tetap menjaga kualitas produk yang terbaik.

Nah, jadi tunggu apalagi, tingkatkan kepuasan wisatawan yang berkunjung dengan beragan inovasi menarik, terutama penyediaan tiket masuk berbentuk gelang lanyard. Hubungi Jagoan Tiket dan dapatkan penawaran khusus untuk Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *