8 Tips Memanfaatkan Momen Liburan Lebaran Bagi Pengelola Tempat Wisata, Untuk Berlipat Ganda!

Wisata Liburan Lebaran, Sumber: lindapuspita.com

Seperti diketahui, liburan lebaran menjadi momen yang selalu ditunggu-tunggu. Bukan hanya masyarakat pada umumnya, tetapi juga bagi para pengelola tempat wisata. Pasalnya, di momen ini, ada peluang mendapatkan keuntungan yang meningkat cukup signifikan.

Waktu libur lebaran yang panjang seringkali dimanfaatkan masyarakat untuk berwisata bersama keluarga. Hal inilah yang kerap membuat tempat wisata selalu penuh dan ramai.

Oleh karena itu, bagi Anda yang mengelola tempat wisata, mengetahui tips memanfaatkan waktu libur lebaran adalah hal yang cukup penting. Dengan begitu, Anda nantinya bisa memanfaatkan momen ini dan berpeluang mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

Kenapa Momen Lebaran Dapat Membuat Tempat Wisata Untung Berkali Lipat?

Saat libur lebaran tiba, sebagian besar masyarakat akan memanfaatkan waktu tersebut untuk berlibur bersama keluarga. Maka tak heran, bila tempat wisata menjadi tujuan untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan orang tercinta.

Meningkatnya jumlah pengunjung secara drastis menjadi angin segar bagi para pengelola tempat wisata. Pasalnya, selain potensi keuntungan yang berlipat, popularitas tempat wisata pun akan naik sehingga kunjungan wisatawan di waktu lainnya pun bisa saja turut meningkat.

Objek wisata saat momen lebaran, Sumber: mediarakyatnusantara.online
Objek wisata saat momen lebaran, Sumber: mediarakyatnusantara.online

Tidak hanya itu, hal lain yang membuat tempat wisata berpotensi mendapatkan keuntungan berlipat di momen lebaran adalah adanya THR yang diterima. Seringkali, masyarakat menggunakan uang THR yang didapatkan untuk liburan bersama keluarga.

Itulah yang menjadi jawaban kenapa momen lebaran dapat membuat tempat wisata untung berkali lipat. Termasuk, di Indonesia sendiri, liburan saat lebaran sudah menjadi budaya yang mengakar di kalangan masyarakat.

Tips Memaksimalkan Keuntungan Tempat Wisata di Momen Liburan Lebaran

Sebagaimana disinggung sebelumnya, momen liburan lebaran adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan potensi keuntungan pengelolaan tempat wisata. Nah, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mencapainya. Beberapa diantaranya adalah:

1. Memperbaiki Akses Infrastruktur dan Fasilitas

Wisatawan akan semakin merasa nyaman dan betah bila akses infrastruktur dan fasilitas tempat wisata bagus dan baik. Oleh karenanya, hal pertama yang harus bisa Anda lakukan adalah memastikan kembali bahwa seluruh fasilitas dan juga akses tempat wisata dalam kondisi yang baik.

Bila ada beberapa akses infrastruktur dan fasilitas yang harus diperbaiki, usahakan lakukan perbaikan secepatnya. Pertimbangkan juga dengan waktu libur lebaran tiba. Dengan perbaikan yang cepat, tempat wisata yang Anda kelola cenderung lebih siap menerima para kunjungan wisatawan dan menjadi tujuan piknik liburan lebaran yang nyaman.

2. Menyediakan Spot Foto dan Kuliner

Spot swafoto di tempat wisata, Sumber: wisataoke.com
Spot swafoto di tempat wisata, Sumber: wisataoke.com

Umumnya para wisatawan akan lebih tertarik bila tempat wisata memiliki spot foto dan kuliner. Terutama bagi mereka yang berlibur bersama keluarga, momen foto dan menikmati sajian bersama tak akan terlewatkan.

Oleh karena itu, agar Anda tetap bisa menjaga kepuasan wisatawan, sediakan spot foto dan kuliner yang memadai. Bila sudah ada, cek kembali akan kelayakan dan kenyamanan spot tersebut. Anda juga bisa menambahkan beberapa fasilitas lain jika diperlukan sebagai penunjang.

3. Membuat Cinderamata Khas Daerah atau Tempat Wisata

Bagi para wisatawan berkunjung ke tempat wisata, membeli cinderamata khas menjadi salah satu aktivitas yang kerap dilakukan. Oleh karenanya, Anda sebagai pengelola tempat wisata bisa membuat cinderamata atau oleh-oleh khas daerah.

Adanya cinderamata juga akan membantu meningkatkan keuntungan tempat wisata. Oleh karenanya, cobalah mencari tahu apa cinderamata yang khas dari tempat wisata yang Anda kelola. Setelah itu, sediakan dengan berbagai variasi yang ada di mana nantinya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

4. Mengusung Konsep Tempat Wisata Khas Suasana Lebaran

Membuat tempat wisata dengan suasana khas lebaran, bisa menjadi salah satu tips menarik untuk diikuti. Dengan menggunakan hiasan dan ornamen khas lebaran, Anda bisa dengan mudah menyulap tempat wisata memiliki tampilan yang menarik.

Apalagi bertepatan dengan libur lebaran, tentu menjadi momentum yang sangat pas. Adanya daya tarik tambahan selain destinasi wisata, tentu akan memudahkan Anda dalam meningkatkan jumlah wisatawan. Jumlah wisatawan yang meningkat, maka keuntungan pun juga ikut mengalami peningkatan.

5. Melibatkan Masyarakat Sekitar Tempat Wisata

Tempat wisata yang sulit diakses oleh sebagian wisatawan, membuat Anda juga perlu melibatkan masyarakat sekitar. Baik dalam bekerja sama ataupun yang lainnya untuk membantu dalam menunjukkan jalan menuju tempat wisata.

Terkadang tempat wisata yang cukup jauh dan sulit dalam menghafal jalannya, membuat wisatawan biasanya akan mengalami kebingungan. Itulah pentingnya Anda sebagai pengelola tempat wisata melibatkan masyarakat sekitar. 

Nah, masyarakat sekitar bisa menjadi pengarah untuk menuju ke lokasi wisata. Secara tidak langsung, hal tersebut akan menjadi layanan tambahan yang cukup efektif untuk meningkatkan jumlah wisatawan saat libur hari raya. 

6. Membuat Panduan dan Akses Jalan Tempat Wisata yang Mudah Diketahui

Selain melibatkan masyarakat, Anda juga bisa membuat panduan dan akses jalan tempat wisata yang mudah diketahui. Tips ini bisa Anda ikuti bila tempat wisata memiliki akses yang cukup sulit bagi wisatawan baru untuk mengetahuinya.

Terkait panduan, Anda bisa saja membuat papan penunjuk dan meletakkannya di beberapa lokasi yang menjadi titik akses. Tidak perlu membuat penanda berukuran besar seperti baliho atau lainnya, buat saja papan yang cukup dan mudah terlihat. 

7. Menguatkan Media Konten Promosi 

Membuat konten promosi di media sosial, Sumber: curata.com
Membuat konten promosi di media sosial, Sumber: curata.com

Bila dari segi teknis lapangan sudah, Anda juga perlu memaksimalkan media promosi. Dengan cara ini, nantinya wisatawan  akan lebih mudah mengetahui lokasi tempat wisata yang Anda kelola. Oleh karena itu, maksimalkan media promosi dengan konten yang menarik, unik dan informatif.

Anda bisa menggunakan semua media sosial yang dimiliki dan targetkan para wisatawan yang memanfaatkan waktu libur lebaran. Tarik perhatian mereka dengan berbagai konten dan juga tawaran menarik lainnya, seperti promo paket wisata rombongan. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah meningkatkan keuntungan tempat wisata.

8. Menggunakan Gelang Lanyard Sebagai Tiket Wisata

Lonjakan wisatawan yang cukup tinggi saat libur lebaran, tentu akan membuat Anda sebagai pengelola tempat wisata menjadi repot. Belum lagi bila akses masuk wisata yang terbatas.

Nah, terkait hal tersebut,  gelang lanyard bisa menjadi solusi tiket wisata atas permasalahan tersebut. Memiliki bahan yang ringan, tidak mudah sobek, dan tahan air akan nyaman dipakai oleh para wisatawan. Ditambah dengan adanya barcode juga akan memudahkan proses registrasi masuk tempat wisata. 

Tidak hanya itu, konsep tiket ini pun juga bisa menjadi daya tarik tersendiri. Bukan tidak mungkin, wisatawan berlibur ke lokasi tempat wisata yang Anda kelola karena keinginan mereka mengoleksi tiket unik berbentuk gelang lanyard.

Itulah beberapa tips memaksimalkan keuntungan tempat wisata yang bisa digunakan di momen liburan lebaran 2023. Anda bisa langsung mengaplikasikan beberapa tips tersebut dan menyesuaikannya dengan kondisi tempat wisata.

Pesan Gelang Tiket Unik Hanya di Jagoan Tiket!

Sebelumnya sudah sempat disinggung mengenai gelang lanyard yang bisa dijadikan sebagai tiket wisata. Nah, bila Anda ingin memesannya,  Jagoan Tiket siap melayani. Ya, Jagoan Tiket siap memenuhi berbagai jenis dan desain tiket gelang lanyard sesuai keperluan.

Tak perlu khawatir, gelang lanyard akan dibuat dengan bahan yang berkualitas. Tidak hanya itu, proses pembuatannya akan dikerjakan oleh tim yang profesional di bidangnya. Oleh karenanya, hasil tiket gelang lanyard dijamin akan memberikan kepuasan maksimal.

Bagaimana, tertarik memesan tiket gelang lanyard untuk tiket wisata? Tak perlu tunggu lama lagi, langsung saja hubungi CS Jagoan Tiket. Dapatkan juga pelayanan desain tiket gelang lanyard yang bebas dengan harga terjangkau!

Picture of Ichsan Said

Ichsan Said

Leave a Replay