Jasa Pengamanan Event, Perlukah Digunakan?

Secutiry event, Sumber: securitymagazine.com

Mengadakan sebuah event ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Salah satu diantaranya adalah jasa pengamanan event. Pasalnya, keamanan menjadi bagian yang sangat penting untuk membuat event dapat berjalan lancar dari awal hingga akhir.

Sebagai penyelenggara, tentu menginginkan event yang dibuat bisa berjalan sesuai rencana. Oleh karenanya, jasa pengamanan menjadi hal penting yang juga wajib untuk dipertimbangkan. Mengingat, perannya cukup krusial untuk menjaga event tetap aman dan kondusif.

Lantas, penggunaan jasa pengamanan apakah hanya untuk event tertentu saja atau semua event perlu untuk menggunakannya? Simak ulasannya!

Jasa Pengamanan Event, Apa Itu?

Jasa pengamanan event, Sumber: smartsecuritypros.com
Jasa pengamanan event, Sumber: smartsecuritypros.com

Jasa pengamanan event adalah sebuah perusahaan atau agensi yang menyediakan layanan keamanan. Sebenarnya hampir sama dengan layanan pengamanan pada umumnya. Hanya saja, layanan pengamanan yang disediakan khusus untuk event.

Seperti yang sudah diketahui, pengamanan memiliki sistem dan cara yang berbeda-beda. Tergantung dari kondisi pengamanan yang dilakukan. Walaupun, pada dasarnya semua pengamanan yang dilakukan sama, yaitu untuk mencegah adanya kriminal dan tindakan negatif lainnya. 

Jadi, bisa dikatakan jasa pengamanan event menyediakan layanan yang lebih khusus. Dimana, pengamanan yang dilakukan hanya meliputi keseluruhan event acara saja. Serta, memastikan pengamanan yang dilakukan telah sesuai dengan prosedur dan aturan yang telah dibuat.

Tugas dan Tanggung Jawab Pengamanan Event

Tanggung jawab pengamanan event, Sumber: nawakara.com
Tanggung jawab pengamanan event, Sumber: nawakara.com

Kelancaran penyelenggaraan sebuah event, tentu tidak lepas dari peran pihak pengamanan. Hal ini bisa terjadi karena mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai pengamanan event dengan baik.

Lalu, seperti apa tugas dan tanggung jawab pengamanan event? Berikut ini diantaranya:

  • Memastikan seluruh area yang menjadi tempat penyelenggaraan event tetap aman dan kondusif.
  • Mengendalikan masa yang datang untuk mengikuti atau menyaksikan event.
  • Melakukan patroli selama event berlangsung.
  • Mampu dengan cepat menanggapi insiden yang mungkin terjadi pada sebuah event.
  • Mengatur akses masuk mulai dari parkiran hingga area event tetap teratur dan aman.
  • Melakukan pengamanan dan pemeriksaan terhadap barang bawaan pengunjung yang berpotensi membahayakan.
  • Menjaga di setiap titik lokasi event yang disinyalir berpotensial menimbulkan sebuah insiden.

Kurang lebih itulah tugas dan tanggung jawab pengaman event. Bila dilihat, cukup banyak tugas dan tanggung jawab yang perlu dijalankan dengan baik. Sebab, bila salah satu diantaranya tidak terlaksana, berpotensi membuat event tidak sukses dilaksanakan.

Apakah Jasa Pengamanan Event Perlu Digunakan?

Perlunya jasa pengaman di setiap event, Sumber: centralprotection.ca
Perlunya jasa pengaman di setiap event, Sumber: centralprotection.ca

Dari berbagai penjelasan yang telah disampaikan sebelumnya, tentu sudah sangat jelas mengenai peran jasa pengamanan event. Artinya, sebagai penyelenggara acara perlu dan penting untuk menggunakan jasa pengamanan.

Apalagi, bila event yang diselenggarakan melibatkan banyak masa. Misalnya, seperti konser musik yang diisi oleh deretan pemusik ternama. Tentunya, membutuhkan pengamanan yang cukup ekstra agar event yang diselenggarakan dapat sukses terlaksana.

Penggunaan jasa pengamanan tidak hanya untuk event tertentu saja. Akan tetapi. Semua jenis event yang diselenggarakan baik melibatkan atau tidak melibatkan masa, harus ada pengamanan. Serta, dilakukan oleh pengamanan event yang telah profesional.

Tips Memilih Jasa Pengamanan Event Profesional

Tips memilih jasa keamanan event, Sumber: nfsecurity.ca
Tips memilih jasa keamanan event, Sumber: nfsecurity.ca

Mencari jasa pengamanan event bukanlah hal yang sulit dilakukan. Karena perusahaan atau agensi yang menyediakan layanan pengamanan event telah banyak. Namun, tidak semua jasa menyediakan layanan pengamanan event yang profesional.

Oleh karenanya, pastikan jasa pengamanan yang dipilih profesional. Agar, event yang diselenggarakan terhindar dari hal-hal atau insiden yang tidak diinginkan. Akibat dari pengamanan event yang tidak menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi, berikut ini tips memilih jasa pengamanan event profesional yang bisa diikuti:

1. Melihat Reputasi dan Legalitas Perusahaan 

Sebelum memilih, hal pertama yang perlu dilakukan adalah melihat reputasi dan legalitas. Pastikan, perusahaan penyedia jasa layanan pengamanan memiliki reputasi dan legalitas yang jelas.

Untuk membuktikannya bisa lakukan pengecekan melalui media sosial atau laman perusahaan. Atau bisa juga lewat berbagai ulasan yang diberikan oleh para customer yang telah menggunakan layanan jasa pengamanan mereka.

2. Cek Layananan Pengamanan Event yang Diberikan

Setelah memastikan reputasi dan legalitas, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengecek layanan pengamanan event yang diberikan. Dikarenakan layanan merupakan bagian dari marketing event yang perlu untuk dicermati dengan baik.

Pasalnya, setiap layanan pengamanan event memiliki paket yang berbeda-beda. Biasanya pembagian paket telah disesuaikan dengan biaya jasa pengamanan event. Adanya pembagian paket layanan  menunjukan profesionalitas.

3. Memiliki Personil yang Telah Berpengalaman

Sudah seharusnya penyedia jasa pengamanan event memiliki personil yang telah berpengalaman. Hal ini ditunjukkan dengan adanya sertifikat atau lisensi yang dimiliki oleh para personil pengamanan.

Mengingat, penyelenggaraan event umumnya selalu melibatkan masa atau orang dalam jumlah banyak. Oleh karenanya, kemampuan personil pengamanan event sangat dibutuhkan yang telah berpengalaman.

4. Mampu Menghandle Berbagai Jenis Event

Setiap event yang diselenggarakan pastinya memiliki konsep yang berbeda-beda. Biasanya akan terlihat dari rundown acara event yang telah disusun. Semakin kompleks konsep acara dan melibatkan masa yang banyak, tentu memerlukan pengamanan event yang profesional.

Dengan pengamanan event profesional, berbagai event yang diselenggarakan bisa dihandle dengan mudah. Jadi, pastikan penyedia jasa pengamanan yang dipilih mampu untuk menghandle berbagai jenis event.

5. Pelayanan Pengamanan Event dengan Manajemen yang Baik

Profesional tidak hanya dilihat dari personil pengamanan yang telah berpengalaman. Akan tetapi, juga dilihat dari manajemen pengaman event yang terstruktur dengan baik. Alasannya karena pada saat di lapangan pengamanan event pastinya mempunyai leader.

Dimana, leader pengaman event yang lebih banyak berkomunikasi dengan pihak panitia acara. Selebihnya, leader pengamanan event yang akan menyampaikan instruksi lebih lanjut ke anggota personilnya. 

6. Mempunyai Alat Security yang Lengkap dan Memadai

Aspek lainnya yang bisa menjadi pertimbangan memilih jasa pengamanan event profesional adalah alat security. Tentunya, penggunaan alat security penting untuk mendukung tugas jasa pengamanan event.

Contoh alatnya seperti metal detector, handy talkie, x-ray, dan lain sebagainya. Inilah yang menjadi alat security yang wajib dimiliki. Dengan begitu, pengamanan event dapat dijaga tetap kondusif dan aman dari berbagai insiden.

Dari tips yang telah dibagikan di atas, tentu Anda tidak sulit lagi memilih jasa pengamanan event profesional. Karena Anda sudah tahu hal apa saja yang perlu untuk dipertimbangkan. 

Tingkatkan Keamanan Event Menggunakan Gelang Lanyard dari Jagoan Tiket! 

Desain gelang lanyard, Sumber: jagoantiket.com
Desain gelang lanyard, Sumber: jagoantiket.com

Selain penggunaan alat security, ada hal lainnya yang juga bisa digunakan untuk meningkatkan keamanan event. Hal tersebut adalah menggunakan gelang lanyard sebagai tiket sekaligus akses event. 

Alasannya karena gelang lanyard memiliki kelebihan desain minimalis dan terdapat barcode. Menjadikan akses masuk pengunjung menjadi lebih mudah dan cepat karena menggunakan sistem scan

Tidak hanya itu, data diri yang digunakan saat pembelian tiket secara otomatis tersimpan. Dimana, data ini bisa digunakan bila terjadi insiden yang melibatkan pengunjung event. Tentunya, membuat keamanan event menjadi lebih maksimal.

Gimana, ingin membuat tiket gelang lanyard untuk meningkatkan keamanan event? Langsung saja membuatnya di Jagoan Tiket. Pemesanannya bisa melalui CS Jagoan Tiket. Anda juga bisa custom desain tiket sesuai kebutuhan event tanpa biaya tambahan!

Ichsan Said

Ichsan Said

Leave a Replay