Gili Festival 2023, Event Spesial yang Sayang Dilewatkan!

Festival Gili, Sumber: promediateknologi.id

Anda yang suka berwisata pastinya tak asing lagi dengan kepulauan Gili yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB). Nah, setiap tahun, di Gili terdapat salah satu event spesial yang selalu ditunggu-tunggu. Event tersebut adalah Gili Festival menjadi acara tahunan yang selalu diselenggarakan.

Akan ada banyak rangkaian acara yang unik dan menarik. Untuk itu, Anda yang sudah memiliki perencanaan berlibur, jangan lupa masukan event festival di Gili dalam daftar liburan. Ada tradisi dan budaya masyarakat di kepulauan Gili yang begitu mengesankan.

Apa yang sebenarnya menarik dari festival ini? Simak ulasannya!

Keunikan Gili Festival yang Jarang Diketahui

Keindahan alam di Gili Lombok, Sumber: piknikdong.com
Keindahan alam di Gili Lombok, Sumber: piknikdong.com

Gili Festival pertama kali diselenggarakan pada tahun 2017. Setiap tahunnya event festival ini selalu menawarkan berbagai hal yang menarik. Oleh karenanya, event ini membuat para pengunjungnya selalu antusias untuk selalu mengikutinya.

Lalu, apa saja hal unik yang membuat Festival Gili menjadi menarik? Berikut ini diantaranya:

  • Menggabungkan rangkaian acara modern dan tradisional
  • Tanggal pelaksanaan festival yang selalu mengikuti jadwal ritual adat Mandi Safar.
  • Akses akomodasi menuju kepulauan Gili disediakan oleh pihak penyelenggara dan gratis
  • Ikut memberdayakan usaha atau UMKM masyarakat lokal
  • Lokasi setiap acara yang dilaksanakan di tempat yang ikonik di kepulauan Gili
  • Set atau tampilan setiap rangkaian acara dibuat dengan menarik

Dari beberapa keunikan di atas, tentu membuat Anda semakin tahu mengenai festival Gili. Semua keunikan tersebut bisa Anda rasakan secara langsung, ketika menyaksikan berbagai rangkaian acara festival di kepulauan Gili.

Rangkaian Acara Gili Festival yang Unik dan Menarik

Ritual ada menjadi salah satu rangkaian di Festival Gili, Sumber: kemenparekraf.go.id
Ritual ada menjadi salah satu rangkaian di Festival Gili, Sumber: kemenparekraf.go.id

Sebelumnya telah sempat disinggung mengenai rangkaian acara festival Gili . Pastinya Anda penasaran bukan, mengenai apa saja rangkaian acaranya. Berbagai acara tersebut diantaranya:

1. Tradisi Rebo Bontong

Menjadi acara pembuka dari berbagai acara lainnya yang akan diselenggarakan pada festival Gili. Tradisi Rebo Bontong adalah sebuah tradisi yang dilakukan masyarakat kepulauan Gili sebagai ‘tolak bala’. Sudah menjadi turun-temurun dan selalu dilaksanakan di hari rabu terakhir bulan Safar (penanggalan hijriah).

Tradisi Rebo Bontong akan dipimpin langsung oleh ketua adat. Selanjutnya sesajian hasil bumi yang telah didoakan akan dilepaskan ke laut. Setelah itu, baik masyarakat dan wisatawan yang ikut dalam tradisi ini akan menceburkan dirinya ke pantai. Inilah yang menjadi ciri khas dari acara tradisi Rebo Bontong.

2. Carnaval

Walaupun hanya diselenggarakan di sebuah pulau. Tetapi, dalam rangkaian acaranya festival Gili juga mengadakan acara carnaval. Dalam acara carnaval bukan hanya parade budaya saja, ada juga expo atau bazar UMKM lokal. Jadi, Anda para pengunjung bisa lebih menikmati berbagai acara carnaval yang disediakan.

Dari pihak panitia membuat acara carnaval di tempat terbuka. Hal ini akan membuat Anda juga dapat sekaligus menikmati panorama keindahan pantai kepulauan Gili. Untuk itu, jangan sampai Anda lewatkan acara yang satu ini ketika menyaksikan festival Gili.

3. Art Performance

Acara yang tidak ketinggalan untuk dipertunjukan adalah art performance. Ya, acara yang akan menampilkan berbagai pertunjukan seni yang menarik dan unik. Bukan hanya dari seni tradisional saja, melainkan seni modern pun ikut dipertunjukan. Bagi Anda para penikmat seni jangan sampai melewatkannya.

Pertunjukan seni selalu ditampilkan pada setiap event festival. Hal ini dikarenakan Indonesia sangat kaya akan seni dan budaya. Terkhusus seni dan budaya lokal dari suku atau masyarakat yang ada di kepulauan Gili, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Seperti pertunjukan yang ditampilkan pada festival budaya lembah Baliem.

4. Fire Dance Competition 

Menari dengan atraksi api menjadi salah satu rangkaian acara festival Gili. Berbeda dengan tarian pada umumnya fire dance dilakukan dengan koreografi yang penuh dengan kejutan. Saat menyaksikannya, tentu Anda akan terpukau dengan beragam atraksi gerakan tari yang diperlihatkan.

Biasanya lokasi pertunjukan dari fire dance dilakukan di pantai dan pada malam hari. Jadi, pada saat Anda menyaksikannya akan memberikan pengalaman terbaik. Terutama bagi Anda yang baru pertama kali melihat fire dance secara langsung.

Selain itu, fire dance biasanya diadakan dalam bentuk kompetisi. Jadi, akan ada banyak penari atraksi api yang tampil. Setiap gerakan yang diperlihatkan, tentu berbeda-beda dan sangatlah memukau.

5. Live Music

Acara festival Gili yang juga tidak kalah menarik adalah live music. Pada acara ini akan ada beberapa musisi atau bahkan artis yang tampil untuk menghibur. Lokasi yang dipilih pun memiliki spot yang pas untuk menikmati suasana keindahan pantai kepulauan Gili.

Sedangkan untuk jenis musik yang dibawakan ada dua genre yaitu tradisional dan modern. Bagi Anda yang suka menikmati suasana pantai sambil mendengar musik, pastinya akan menjadi acara yang sangat menyenangkan.

6. Aktivitas Outdoor

Bagi Anda yang suka melakukan aktivitas saat berlibur, di festival Gili juga menyediakan acara aktivitas outdoor. Rangkaian acaranya terdiri dari Triathlon dan Fun Run. Kegiatan ini seluruhnya dilaksanakan di pulau Gili. Keindahan pulaunya yang mempesona dan indah, pastinya akan membuat kegiatan ini semakin seru dan menarik.

Tinggal Anda sesuaikan saja kegiatan apa yang ingin diikuti. Bila Anda bukan penggiat olahraga bisa mencoba Fun Run. Tetapi, bila sebaliknya, bisa mencoba kegiatan yang lebih menantang yaitu Triathlon. Bagi Anda para peserta biasanya juga akan diberikan tiket gelang lanyard sebagai tanda pengenal.

Rangkaian acara Gili Festival di atas, pastinya sangatlah seru dan menarik untuk diikuti. Ditambah lagi Anda sudah tahu mengenai rangkaian acaranya. 

Oleh karena itu, persiapkan diri Anda untuk mengikutinya. Jangan lupa juga catat dan pastikan tanggal pelaksanaan Gili Festival 2023. Agar, Anda tidak melewatkan event seru dan menyenangkan ini.

Jadwal Pelaksanaan Gili Festival 2023

Festival Gili 2023, Sumber: travelspromo.com
Festival Gili 2023, Sumber: travelspromo.com

Untuk jadwal pelaksanaan Gili Festival di tahun 2023 akan dilaksanakan pada tanggal 13-16 September. Lokasinya berada di provinsi Nusa Tenggara Barat, kabupaten Lombok Utara, kepulauan Gili Tramena.

Sedangkan untuk tema yang diangkat adalah “Bersama Dalam Perbedaan”. Memiliki makna walau berbeda dari daerah atau negara lain (wisatawan), tetapi bisa tetap bersama. Inilah yang ingin ditunjukan pada festival Gili 2023.

Ichsan Said

Ichsan Said

Leave a Replay