6 Ide Tema Pameran Seni, Cocok untuk Menarik Pengunjung!

Pameran seni, Sumber: artplugged.co.uk

Menarik minat pengunjung untuk mengikuti pameran seni banyak caranya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan tema pameran seni yang menarik dan berkesan. Pasalnya, tema menjadi awal pengunjung menilai pameran seni menarik atau tidak. Ketika menarik, tentu pengunjung akan antusias mengikutinya.

Seni dalam kehidupan memiliki banyak manfaat. Terutama sebagai media menghilangkan kejenuhan dan menumbuhkan kreativitas. Bisa dikatakan, pameran seni telah menjadi kebutuhan sekunder. Artinya, setiap orang juga akan cenderung mencari kebahagian diri lewat pameran seni.

Lantas, tema pameran seni apa yang menarik dan berkesan agar dapat meningkatkan minat banyak pengunjung. Penasaran dengan temanya? Simak ulasannya!

Kenapa Memilih Tema Acara Harus Tepat dan Sesuai?

Memilih tema untuk pameran seni, Sumber: indonesiakaya.com
Memilih tema untuk pameran seni, Sumber: indonesiakaya.com

Mengadakan sebuah acara, tema menjadi hal penting yang perlu untuk dipertimbangkan dengan baik. Sebab, tema menjadi cerminan isi atau apa saja yang akan dilakukan dari acara yang dibuat. Itulah kenapa pemilihan tema tidak boleh dilakukan secara sembarang atau random.

Perlu diketahui, bahwa tema menjadi salah satu faktor penentu menariknya sebuah acara. Tanpa tema yang menarik dan berkesan, bisa dikatakan acara dapat mengalami sepi pengunjung. Jika hal seperti ini terjadi, tentu acara yang dibuat tidak memiliki daya tarik. Alhasil, acara yang dibuat gagal dalam menarik minat pengunjung.

Itulah yang menjadi alasan kenapa memilih tema acara harus tepat dan sesuai. Karena melalui tema, pengunjung dapat mengetahui keunikan acara. Dengan demikian, pengunjung akan semakin tertarik mengikuti acara yang diadakan.

Tema Pameran Seni Berkesan untuk Menarik Minat Pengunjung

Tema pameran seni yang menarik, Sumber: ocula.com
Tema pameran seni yang menarik, Sumber: ocula.com

Pameran seni terkenal akan pesona keunikan dari beragam karya yang diciptakan. Mulai dari karya seni lukis hingga karya seni rupa. Semuanya memiliki ciri khas keunikannya masing-masing. Dari hal tersebut, tentu membuat tema pameran seni yang diangkat pun harus menarik dan berkesan.

Lalu, apa saja tema pameran seni yang menarik dan berkesan? Berikut ini beberapa ide tema yang bisa Anda gunakan untuk pameran seni:

1. Berbeda dalam Keberagaman, Bersatu dalam Seni

Indonesia terkenal memiliki keberagaman ras suku, budaya, dan agama. Akan sangat menarik, bila keberagaman tersebut digambarkan melalui karya seni. Jenis karya seni yang dibuat adalah lukisan yang menggambarkan keberagaman di Indonesia. Ini bisa menjadi salah tips mengadakan pameran seni yang menyatukan keberagaman.

Untuk dijadikan sebagai pameran seni, karya lukisan bisa berasal dari berbagai seniman. Jadi, seniman siapa saja boleh ikut serta dalam memamerkan hasil karya lukisan mereka. Hanya saja, perlu difokuskan lagi terkait objek lukisan yang dibuat. Agar, pameran seni yang dibuat sesuai tema yaitu, “Berbeda dalam Keberagaman, Bersatu dalam Seni”.

2. Budaya Seniku, Kebanggaan Negeri Ini

Seniman di Indonesia tidaklah sedikit, karena hampir setiap daerahnya melahirkan seniman-seniman hebat. Misalnya, Raden Saleh Syarif Bustaman pelopor seni lukis pertama di Indonesia. Salah satu karya lukisannya yang sampai saat ini masih terkenal adalah ‘Penangkapan Diponegoro’.

Mengangkat tema pameran seni “Budaya Seniku, Kebanggaan Negeri Ini” cukup menarik. Sebab, dalam pameran seni akan memperlihatkan hasil karya seni dari para seniman lokal yang ada di Indonesia. Tentunya, akan sangat mudah meningkatkan jumlah pengunjung tertarik dengan pameran seni yang diselenggarakan.

3. Art Changing Millennial Perspective 

Kalangan anak muda zaman sekarang suka dengan karya seni yang unik. Hal ini membuat penyelenggaran pameran seni pun harus bisa menyesuaikannya. Mengingat, anak muda memiliki peranan yang cukup besar dalam kemajuan seni. Kondisi ini, juga bisa dijadikan sebagai strategi promosi event pameran.

Untuk membuat anak muda tertarik, mengangkat tema “Art Changing Millennial Perspective” bisa menjadi pilihannya. Dimana, dalam pameran seni akan ditampilkan berbagai karya seni dengan konsep unik. Dijamin, pameran seni dapat memberikan perspektif terbaik menikmati karya seni bagi millennial.

4. Lihai Tangan Seniman Kontemporer 

Perkembangan zaman tidak membuat seni menjadi ketinggalan. Akan tetapi, seni mampu beradaptasi dengan zaman yang semakin berkembang. Alhasil, seni kini masih bisa terus dinikmati oleh semua kalangan. Tidak lagi terbatas pada kalangan tertentu saja. 

Hal ini dapat terjadi karena munculnya para seniman kontemporer. Hasil karya mereka, bisa diwadahi dengan adanya pameran seni. Tema menarik pameran seni yang cocok digunakan “Lihai Tangan Seniman Kontemporer ”. Menggunakan tema ini, tentu bisa membuat pengunjung tertarik dengan pameran seni.

5. Diam-Diam Seni Rupa Memikat Pandangan

Karya-karya seni rupa memiliki tampilan yang sangat menarik. Tak heran, bila banyak pameran seni yang selalu menghadirkan karya seni rupa. Jenis seni rupa yang dimaksud adalah seni rupa patung. Ada banyak jenis dan bentuk patung yang dapat disulap oleh para seniman menjadi menarik untuk dilihat.

Tema pameran seni rupa yang bisa digunakan adalah “Diam-Diam Seni Rupa Memikat Pandangan”. Karya seni rupa yang unik dan menarik, tentu akan sangat pas dengan tema ini. Untuk mengundang antusias pengunjung, bisa juga menambahkan kegiatan seru pada rundown acara event pameran seni. 

6. Seni Modern Bawa Perubahan

Hadirnya seni yang dipadukan dengan kecanggihan teknologi, tentu memberikan banyak perubahan. Terutama pada keseruan menikmati beragam karya seni yang ditampilkan dengan memukau. Hal ini tentunya, bisa menjadi ide tema pameran seni yang sangat menarik.

Tema “Seni Modern Bawa Perubahan” bisa menjadi idenya. Terlebih, tema ini sangat menggambarkan akan perpaduan antara seni dan kecanggihan teknologi. Banyak seniman modern yang sudah memanfaatkannya. Dengan membuat seni yang sangat memukau dengan penggunaan teknologi. Contohnya seperti pameran seni modern yang dibuat oleh Disrupto Digital Hub.

Ide tema pameran seni di atas, bisa langsung Anda mencobanya. Selain menarik, tema tersebut juga dapat memberikan sebuah kesan. Jadi, pameran seni yang Anda buat tidak akan kesulitan untuk menarik minat pengunjung.

Buat Tiket Pameran Seni yang Unik dan Menarik di Jagoan Tiket

Jasa pembuat tiket gelang lanyard, Sumber: jagoantiket.com
Jasa pembuat tiket gelang lanyard, Sumber: jagoantiket.com

Tidak hanya tema saja yang perlu dipertimbangkan. Kemudahan akses masuk pameran seni pun harus diperhitungkan. Sebab, bila akses masuk pameran seni membutuhkan proses yang lama. Tentunya, hal tersebut dapat membuat antusias pengunjung menjadi menurun. Ini selain juga berlaku untuk berbagai jenis pameran seperti pameran tanaman hias dan lain sebagainya.

Nah, untuk membuat akses masuk pameran seni menjadi mudah, Anda bisa gunakan tiket gelang lanyard. Kelebihannya adalah memiliki bahan yang ringan, tidak mudah sobek, anti air, dan desain minimalis. 

Tersedia juga fitur barcode yang dapat membantu proses registrasi masuk cepat dilakukan. Anda bisa mendapatkan tiket gelang lanyard hanya di Jagoan Tiket. Ya, di Jagoan Tiket berbagai keperluan tiket pameran seni dapat kami penuhi.

Tertarik menggunakan tiket gelang lanyard untuk pameran seni, langsung saja memesannya melalui CS Jagoan Tiket. Anda pun bisa custom desain tiket dengan biaya layanan gratis!

Picture of Ichsan Said

Ichsan Said

Leave a Replay