7 Ide Event Ramadhan yang Menarik Untuk Mahasiswa, Dijamin Meriah!

Event ramadhan yang menarik, Sumber: trtworld.com

Apakah Anda sedang berselancar untuk mencari ide event Ramadhan yang menarik untuk mahasiswa? Seperti diketahui, bulan Ramadhan seringkali diisi dengan berbagai kegiatan yang menarik, seperti berbuka puasa bersama, kajian dan lainnya. Namun, mana event yang sebenarnya cocok untuk mahasiswa?

Memilih event yang tepat untuk mahasiswa terkadang memang gampang-gampang susah. Pasalnya, dengan karakteristik yang berbeda, bisa jadi mahasiswa cenderung lebih cocok turut dalam event tertentu. 

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa ide event mahasiswa yang menarik untuk diadakan saat bulan Ramadhan tiba. Penasaran apa saja event yang dimaksud tersebut? Simak ulasannya!

Manfaat Mengadakan Event di Bulan Bulan Ramadhan Untuk Mahasiswa

Event ramadhan yang diadakan tentu saja bukan hanya sekedar mengisi waktu luang atau hura-hura. Bagi mahasiswa, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari event Ramadhan yang diadakan tersebut.

Seperti diketahui, mahasiswa adalah agent of change yang perannya diperlukan dalam masyarakat. Oleh karenanya, event Ramadhan yang diadakan bisa menjadi sarana bagi para mahasiswa untuk mengambil peran di masyarakat sebagai penerapan ilmu yang didapatkan di kampus dan juga sebagai bentuk kepedulian.

Tidak hanya itu, event Ramadhan yang diadakan mahasiswa bisa menjadi sarana untuk mengasah soft skill mereka. Dengan turut dalam berbagai kegiatan terutama yang berkaitan dengan masyarakat, tentu mahasiswa akan mendapatkan banyak pengalaman dan kemampuan baru.

Tips Membuat Event Ramadhan Untuk Mahasiswa Agar Semarak

Sebelum memilih mana event yang tepat bagi mahasiswa untuk diadakan di bulan Ramadhan, Anda tentu perlu mengetahui beberapa tips untuk mengadakannya. Ya, beberapa tips tersebut akan membantu Anda membuat event Ramadhan yang bisa diikuti agar lebih semarak dan meriah. 

Menyusun strategi untuk membuat event Ramadhan yang menarik bagi mahasiswa, Sumber: eventunitypro.com
Menyusun strategi untuk membuat event Ramadhan yang menarik bagi mahasiswa, Sumber: eventunitypro.com

Apa saja tips membuat event Ramadhan, berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Menentukan jenis event yang akan diselenggarakan selama bulan Ramadhan.
  2. Mengusung tema Ramadhan yang menarik dan konsep yang lebih unik, serta berbeda seperti pada umumnya.
  3. Menyelenggarakan kegiatan event Ramadhan pada tempat yang strategis dan mudah dijangkau oleh banyak orang.
  4. Melakukan kolaborasi dengan para pelaku UMKM untuk ikut berprestasi dalam event Ramadhan.
  5. Menyajikan event Ramadhan dengan kegiatan bermanfaat dan beragam.
  6. Mengajak rekan-rekan mahasiswa untuk ikut berpartisipasi dalam event Ramadhan.
  7. Menyebarkan informasi event Ramadhan secara luas dan dapat menjangkau siapa saja sebagai teknik marketing event.
  8. Mengundang bintang tamu ternama dan dikenal oleh banyak orang. Baik dalam mengisi kajian, konser religi, dan jenis kegiatan lainnya.

Ide Event Ramadhan Menarik Untuk Mahasiswa

Berbincang tentang event Ramadhan yang menarik untuk mahasiswa, sebenarnya ada cukup banyak ide yang bisa dijadikan pertimbangan. Beberapa ide event yang dimaksud diantaranya adalah:

1. Tarhib Ramadhan

Event tarhib Ramadhan bisa juga diselenggarakan oleh mahasiswa. Kegiatan ini diselenggarakan dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Oleh karenanya, pelaksanaan event ini biasanya menjelang bulan Ramadhan tiba.

Nah, tarhib tentu bisa menjadi kegiatan Ramadhan kreatif yang menarik banyak perhatian orang. Tidak hanya itu, acara tarhib pun juga bisa menjadi ajang promosi beragam event yang nantinya akan diadakan selama bulan Ramadhan. 

Untuk mahasiswa, acara tarhib bisa diatur ulang sedemikian rupa. Misalnya seperti susunan acara tarhib Ramadhan yang diisi dengan diskusi bersama dan lain sebagainya.

2. Bazar Ramadhan

Bila dibandingkan dengan event ramadhan lainnya, bazar bisa dikatakan lebih menarik. Pasalnya bazar dapat menarik perhatian dan meningkatkan antusias masyarakat. Tidak hanya sekedar menyediakan banyak produk, bazar juga bisa diisi dengan beragam kegiatan lainnya.

Tentu, mahasiswa dengan berbagai ide kreatif yang dimiliki bisa membuat bazar yang lebih menarik. Misalnya saja, di samping menjual aneka makanan, bazar juga bisa diisi dengan acara talk show untuk meningkatkan pengetahuan.

3. Ngabuburit dan Buka Puasa Bersama

Mengadakan acara buka puasa bersama, Sumber: aau.ac.ae
Mengadakan acara buka puasa bersama, Sumber: aau.ac.ae

Mengadakan kegiatan buka puasa bersama juga bisa menjadi event Ramadhan yang menarik bagi mahasiswa. Dalam event ini bukan hanya kegiatan ngabuburit saja yang dilakukan tetapi dapat dilanjutkan buka puasa bersama. 

Selain itu, acara ini pun sebenarnya bisa menjadi sebuah acara amal. Misalnya saja, Anda dan teman-teman membagikan makanan untuk berbuka untuk masyarakat yang kurang mampu. 

4. Sahur On The Road (SOTR)

Ide event Ramadhan lain yang menarik untuk diadakan oleh mahasiswa adalah sahur on the road. Seperti namanya, makna dari acara ini adalah melakukan sahur di jalan. Kegiatan ini cukup populer dilakukan oleh komunitas dan organisasi kampus. 

Umumnya, agenda yang dilakukan adalah memberikan atau menyediakan makanan kepada masyarakat. Event ini memang cukup simple. Hanya saja, manfaatnya cenderung cukup terasa. Oleh karenanya tidak jarang jika event ini dijadikan sebagai tema Ramadhan millennial.

5. Pesantren Kilat

Pesantren kilat bisa menjadi event Ramadhan yang dapat bermanfaat bagi banyak orang. Khususnya dikalangan mahasiswa yang ingin meningkatkan pemahaman mereka tentang Islam. 

Secara singkat, pesantren kilat adalah kegiatan kajian yang dilakukan dalam rangka mengisi bulan Ramadhan. Agar pesantren kilat dapat mengundang banyak orang, buatlah semenarik mungkin.

6. Festival Ramadhan

Ide event Ramadhan menarik lainnya adalah festival Ramadhan. Ini merupakan event yang cocok untuk dicoba. Dalam event ini banyak jenis kegiatan yang dapat mahasiswa buat dengan lebih semarak. Contoh kegiatannya seperti mini konser religi, pameran busana muslim, lomba dai atau tilawatil Quran, dan lain sebagainya.

Saat menyelenggarakan festival Ramadhan, tentu membutuhkan tiket. Penggunaan tiket hanya pada beberapa jenis kegiatan tertentu seperti konser. Untuk memudahkan dalam proses registrasi bisa menggunakan tiket gelang lanyard.

Tiket gelang ini memang sangat menarik. Tidak hanya sebagai tanda peserta saja, namun juga akan memudahkan panitia untuk mengatur peserta. Bagi peserta, tiket gelang ini pun bisa menjadi kenang-kenangan yang berkesan. 

7. Bersedekah Untuk Membantu Sesama

Membuat program sedekah, Sumber: cpacanada.com
Membuat program sedekah, Sumber: cpacanada.com

Bulan Ramadhan menjadi ajang dalam meraih banyak pahala dan keberkahan. Di kalangan mahasiswa event bersedekah sangatlah diminati untuk diikuti. Ada banyak bentuk kegiatan sedekah yang bisa dilakukan mulai dari donasi pakaian, uang, makanan berbuka, dan lain sebagainya. Jadi, event ini bisa menjadi salah satu rekomendasi event Ramadhan yang menarik banyak perhatian orang. 

Beberapa poin di atas merupakan ragam ide event menarik bagi mahasiswa yang bisa diadakan selama bulan Ramadhan. Tentu, Anda bisa mempertimbangkan beberapa ide tersebut dan memilih mana yang sekiranya mudah dilakukan dan memberikan banyak manfaat.

Seperti yang disinggung di atas, Anda bisa menggunakan gelang tiket lanyard sebagai salah satu penunjang event Ramadhan yang menarik dan lebih semarak. Untuk membuatnya, Anda bisa langsung menghubungi CS Jagoan Tiket dan akan mendapatkan penawaran dengan harga terbaik!

Ichsan Said

Ichsan Said

Leave a Replay