Apakah Anda sedang mengadakan event teater namun bingung cara memasarkan tiketnya? Rasa-rasanya tidak salah jika banyak orang yang merasakan hal yang sama. Sebab, menjual tiket teater terkadang tidak semudah mengadakan eventnya.

Untuk memaksimalkan penjualan tiket teater Anda, pada kesempatan kali ini sengaja akan dibahas tentang ragam strategi efektif memasarkan tiket event yang bisa Anda coba aplikasikan. Penasaran? Yuk simak selengkapnya berikut ini!

Pentingnya Strategi Pemasaran Tiket Teater

Sebagai sebuah produk, event teater juga membutuhkan strategi pemasaran di dalamnya. Akan tetapi apa pentingnya hal tersebut juga perlu Anda ketahui. Nah, berikut beberapa alasan penting kenapa melakukan strategi pemasaran tiket teater:

1. Mengetahui Target Pasar yang Tepat

Dikarenakan Anda tidak bisa menjual tiket teater ke semua orang, maka dengan menerapkan strategi pemasaran, Anda dapat mengetahui siapa sebenarnya target pasar yang dituju dengan jelas dan spesifik.

contoh pertunjukan teater dengan pemeran anak-anak. sumber: istockphoto.com
contoh pertunjukan teater dengan pemeran anak-anak. sumber: istockphoto.com

Sebagai contoh, Anda ingin menawarkan sabun pembersih mobil kepada banyak orang di sebuah ruko dengan memberikan diskon sebesar 50%. Saat berjualan, hanya beberapa beberapa orang saja calon konsumen Anda, yakni mereka yang memiliki kendaraan mobil.

Sebagai sebuah produk kesenian, maka dapat dipastikan tidak semua orang bisa menjadi konsumen dari teater. Nah, hal pertama yang wajib Anda jawab adalah konsumen potensial teater memiliki karakteristik apa saja. Setelah terjawab, dengan sendirinya Anda akan mengetahui target pasar event tersebut.

2. Mudah untuk Mempersuasi Target

Setelah mengetahui target pasar yang dituju, strategi pemasaran produk bertujuan untuk mempengaruhi atau melakukan persuasi agar tiket teater yang ditawarkan dapat terjual. Persuasi ini disesuaikan dengan kebudayaan, kebiasaan, dan karakteristik dari target pasar Anda.

3. Koordinasi Lebih Terarah

Alasan terakhir mengapa pemasaran tiket itu penting adalah agar terciptanya koordinasi antar tim yang lebih jelas. Dengan demikian, masing-masing tim lebih mudah untuk mengatur strategi atau langkah selanjutnya dalam mengadakan event serupa dengan persepsi dan tujuan yang sama.

Strategi Memasarkan Tiket Teater Paling Efektif

Ada banyak cara untuk meningkatkan penjualan tiket yang tepat dan efisien. Namun, apakah Anda sudah tahu cara menjual tiket agar laku keras? Yuk temukan trik dan tipsnya di bawah ini!

1. Tentukan Harga Tiket Sesuai Target

Sebelum memutuskan untuk membuat event dengan tiket berbayar, pastikan kalau Anda sudah menentukan target audience yang akan mengikuti teater tersebut.

Menentukan harga tiket memang kesannya sepele, namun jika salah perhitungan bisa hilang keuntungan. Sebab, titik dilemanya adalah jika harga tiket terlalu mahal, orang akan enggan datang. Jika harganya terlalu murah, Anda bisa mengalami kerugian.

Untuk menyikapinya, Anda bisa mulai dengan menghitung jumlah pengeluaran teater dan berapa keuntungan yang ingin didapatkan. Selanjutnya Anda jumlahkan dan bagi dengan jumlah audience sasaran teater. Mudah bukan?

2. Strategi Early Bird

Strategi satu ini sudah sangat terkenal dalam penjualan tiket. Di mana, harga tiket akan dijual lebih murah jika dibeli jauh-jauh hari. Sebaliknya, harganya akan semakin mahal jika mepet dengan waktu pelaksanaan event.

tiket early bird, kerap diburu penonton. sumber: istockphoto.com
tiket early bird, kerap diburu penonton. sumber: istockphoto.com

Jadi, buatlah harga yang lebih murah di awal. Namun tetap ingat, pemasaran yang Anda lakukan tersebut berorientasi pada profit atau keuntungan. Jadi, tetaplah lakukan perhitungan secara matang dan rasional.

3. Coba Cermat Menyiasati Situasi

Di saat Anda sudah menemukan formulasi harga tiket event yang ideal, langkah selanjutnya adalah memperhatikan keadaan sekitar. Terkait hal ini, Anda perlu mencari informasi perihal penyelenggaraan event yang sama. Apakah dalam waktu dekat ada event semisal atau tidak.

Selain itu, ada baiknya apabila event teater yang digelar bertepatan dengan waktu ketika banyak orang habis gajian, cuaca yang sedang memungkinkan, serta ketika orang punya waktu luang. Degan strategi ini, potensi tiket terjual banyak lebih besar.

Dengan menyiasati keadaan, Anda akan bisa lebih mudah menjual tiket event teater tersebut. Seolah-olah semesta berkonspirasi untuk meramaikannya. Padahal memang Anda yang sudah menyiapkan semuanya secara matang.

4. Maksimalkan Digital Marketing

Menurut The Bizzabo Blog, ternyata 71% tiket event dibeli secara online. Itu sebabnya Anda sebagai event creator, perlu untuk melihat peluang dan mulai memanfaatkan platform digital untuk melakukan pemasaran.

pemesanan tiket teater online, sering dipilih penonton. sumber: istockphoto.com
pemesanan tiket teater online, sering dipilih penonton. sumber: istockphoto.com

Ada dua momen puncak penjualan tiket. Pertama, pada awal penjualan tiket dibuka. Kedua, saat penjualan tiket akan berakhir atau ketika event akan dimulai. Nah, dari situlah Anda harus gencar dan fokus mempromosikan teater baik secara offline maupun online melalui media sosial.

5. Membuat Kontes Berhadiah Tiket

Anda pun bisa membuat games atau kontes berhadiah tiket. Tidak perlu yang terlalu sulit, Anda bisa mengadakan lomba selfie, atau menjawab pertanyaan, dan lain-lain. Kontes itu sendiri berfungsi sebagai bentuk promosi interaktif yang menyebar dari mulut ke mulut dan diyakini lebih efektif dibandingkan promosi biasa di media sosial.

6. Membuat Tiket Teater yang Menarik

Strategi promosi tiket terakhir yang bisa dicoba adalah dengan membuat tiket teater yang menarik dan kreatif, misalnya gelang tiket dengan QR code. Maka akan banyak orang yang melirik teater yang Anda selenggarakan karena penasaran dengan tiket tersebut.

Penggunaan tiket gelang inovatif ini juga bukan tanpa alasan. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan sebagai panitia pelaksana, seperti kemudahan mengidentifikasi audience, mudah digunakan, minim pemalsuan dan sebagai media branding yang sangat bagus.

tiket yang unik bisa menjadi strategi menarik penonton. sumber: istockphoto.com
tiket yang unik bisa menjadi strategi menarik penonton. sumber: istockphoto.com

Dengan tiket yang eksklusif menunjukkan bahwa teater yang akan diselenggarakan memiliki kualitas yang sepadan. Artinya event tersebut dipersiapkan dengan sangat matang sehingga penonton yang datang pun tidak akan merasa rugi dan akan terkesan.

Buat Tiket Gelang Lanyard di Jagoan Tiket

Tiket gelang bisa menjadi ide yang menarik untuk mendapatkan lebih banyak penonton teater. Nah, jika Anda ingin membuat tiket gelang lanyard untuk mendongkrak penjualan tiket teater Anda, Jagoan Tiket hadir sebagai jawaban atas kebutuhan Anda.

Jagoan Tiket siap memproduksi beragam jenis tiket gelang dengan berbagai desain dan tujuan. Tentu, tidak hanya menawarkan tiket gelang yang berkualitas, Anda pun akan mendapatkan penawaran dengan harga terbaik untuk setiap transaksi yang dilakukan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *