Bisnis Event Organizer (EO) adalah salah satu bidang bisnis yang sangat menarik dan bisa mendatangkan keuntungan apabila dikelola dengan benar. Ketika Anda memiliki bisnis EO dan akan menyelenggarakan sebuah event atau konser, menentukan harga tiket konser menjadi salah satu hal terpenting dan wajib untuk dipertimbangkan secara matang.

Perlu diketahui, Harga sebuah tiket yang terlalu murah akan berdampak kurang baik karena bisa jadi tidak menutup biaya operasional. Sedangkan jika harga tiket terlalu mahal, bisa jadi target penonton tidak tertarik untuk membelinya. Padahal, jumlah tiket yang terjual adalah indikator awal sukses atau tidaknya sebuah konser yang akan diselenggarakan.

penonton yang membludak, indikator kesuksesan konser. sumber: istockphoto.com
penonton yang membludak, indikator kesuksesan konser. sumber: istockphoto.com

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan selaku pelaksana EO atau promotor, untuk menentukan harga sebuah tiket yang pas. Dengan demikian, Anda bisa menentukan harga tiket sesuai dengan target pasar yang ingin dijangkau. Nah, berikut akan dibahas berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan dalam menentukan harga tiket konser.

6 Cara Menentukan Harga Tiket Konser Untuk Pertimbangan Tepat

Sebenarnya, menentukan harga tiket konser itu cukup mudah dan tidaklah terlalu memakan waktu yang lama. Hal ini berlaku untuk menentukan harga tiket konser musik atau tiket event lainnya. Setidaknya ada enam faktor penting yang harus diperhatikan mempertimbangkan harga tiket.

1. Sesuaikan Harga Tiket Dengan Target Pasar

Menentukan harga tiket konser 2022 ini harus disesuaikan dengan target pasar atau pengunjung yang ingin dijangkau. Jika Anda ingin menjangkau target pengunjung atau penonton dari kalangan anak-anak muda seperti pelajar atau mahasiswa, maka wajib untuk tidak mematok harga tiket yang terlalu tinggi atau mahal.

Karena dengan harga yang terlalu tinggi, tiket bisa sangat sulit dijangkau untuk anak-anak muda, terlebih bagi para pelajar. Hal ini tentu akan berdampak negatif pada konser yang akan diselenggarakan.

2. Daya Beli Kalangan Masyarakat

Faktor daya beli masyarakat juga merupakan hal yang penting dalam mempertimbangkan harga tiket pada saat sekarang ini. Promotor harus tahu, apakah daya beli masyarakat sedang naik atau malah sedang dikarenakan beragam hal yang terjadi.

Jangan sampai harga tiket sudah ditentukan dan diumumkan kepada masyarakat, tapi ternyata kondisi daya beli masyarakat sedang menurun. Maka dari itu, promotor wajib mencari tahu kondisi ekonomi dan daya beli sebelum akan dilaksanakannya konser.

3. Bintang Tamu Konser

Bintang tamu konser yang akan diundang akan sangat mempengaruhi harga dari tiket konser. Jika bintang tamu yang diundang dalam konser tersebut kurang terkenal, maka jika mematok harga yang tinggi bukanlah pilihan yang tepat dan pasti akan membuat konser menjadi sepi.

bintang tamu berpengaruh pada penjualan tiket konser. sumber: istockphoto.com
bintang tamu berpengaruh pada penjualan tiket konser. sumber: istockphoto.com

Namun bila bintang tamu yang datang cenderung terkenal dan memiliki nama besar, adalah wajar apabila harga tiket mahal menyesuaikan dengan kualitas sang bintang tamu. Para penonton pun nantinya tidak akan merasa enggan membeli tiket yang lebih mahal.

4. Tempat Konser Diselenggarakan

Besar kecil venue yang akan menjadi tempat konser berlangsung juga perlu dipertimbangkan. Jika tempat konsernya sangat besar, tentu harga tiket bisa dipertimbangkan dari mulai yang termurah hingga yang termahal.

Bentuk gedung atau bangunan tempat konser juga akan mempengaruhi harga tiket. Akan ada perbedaan harga apabila konser diselenggarakan di tempat terbuka dengan konser di tempat tertutup. Semua kembali lagi dari kualitas bangunan tersebut.

5. Sponsor Pendukung Konser

Setiap EO atau promotor sudah pasti akan mencari sponsor dalam konsernya. Dengan mempertimbangkan bintang tamu dan venue, promotor akan mencari sponsor yang sesuai dengan konsep konsernya.

Semakin baik presentasi promotor kepada calon sponsor, akan mempengaruhi jumlah calon sponsor yang tertarik ikut ambil bagian. Tentu hal ini akan berpengaruh dalam menentukan harga tiket konser yang akan dijual.

6. Biaya Operasional Konser

Pertimbangan terakhir dan paling penting adalah menghitung total biaya operasional atau produksi. Seperti untuk membayar biaya cetak jenis tiket konser, membayar penyanyi, tempat konser dan jumlah sponsor perlu diperhitungkan.

Setelah semua biaya sudah dalam perhitungan, maka promotor baru bisa menentukan harga tiket yang sesuai dengan konser yang akan diselenggarakan.

Itulah enam faktor yang sangat mempengaruhi harga tiket konser. Apabila keenamnya sudah diperhitungkan dengan baik, maka akan didapatkan formulasi harga tiket konser yang pas dan siap untuk didistribusikan untuk dijual kepada target penonton.

4 Jenis Tiket Konser yang Bisa Menjadi Pilihan

Setelah menentukan harga tiket konser yang akan dijual, maka langkah selanjutnya adalah menentukan jenis tiket konser yang akan dipakai. Jenis tiket yang pas dan sesuai dengan sebuah konser, akan memudahkan pelaksana EO dalam mengatur arus penonton ketika akan memasuki venue.

Setidaknya ada empat jenis tiket yang perlu diketahui bagi para EO atau promotor konser. Mulai dari teknologi tiket paling sederhana yang menggunakan kertas, hingga tiket dengan teknologi terkini dan mutakhir.

Berikut adalah 4 jenis tiket konser beserta penjelasannya secara singkat.

1. Tiket Thermal

Merupakan tiket yang paling canggih di jaman sekarang. Tiket thermal memiliki keunggulan yang tidak mudah sobek, tahan api, tahan air dan juga dilengkapi kode keamanan yang sulit dipalsu. Tiket jenis ini sangat cocok untuk konser-konser dengan jumlah penonton hingga ribuan orang.

2. Tiket Elektronik

Tiket Elektronik adalah sebuah tiket produk terkini dengan teknologi digital. Jenis tiket ini bisa dibeli secara online melalui agen-agen resmi dan tidak perlu dicetak. Cukup tunjukkan barcode pada gawai untuk diperiksa oleh petugas pintu masuk konser.

tiket gelang, salah satu inovasi tiket konser. sumber: istockphoto.com
tiket gelang, salah satu inovasi tiket konser. sumber: istockphoto.com

3. Tiket Gelang

Sesuai dengan namanya, tiket ini berbentuk gelang dengan sistem perekat di salah satu ujungnya. Gelang tiket ini dilengkapi sistem QR Code dan garis-garis potong yang fungsinya mempermudah melepas dan memakainya kembali.

4. Tiket Kertas

Meskipun telah tersedia pilihan tiket yang lebih canggih, namun tiket kertas ini masih diminati banyak panitia konser. Karena tiket ini memiiki bentuk yang lebih sederhana dan harganya jauh lebih murah dari jenis tiket lainnya.

Pesan Gelang Tiket Konser di Jagoan Tiket!

Diantara beragam jenis tiket di atas, bisa dikatakan bahwa tiket gelang adalah pilihan yang tepat. Bukan hanya karena inovasi tiket menarik yang menyerupai gelang, tiket ini juga bisa ditambahkan QR code untuk tiket yang lebih efektif menunjang keamanan konser.

Nah, bagi Anda yang ingin mencetak tiket gelang lanyard, Jagoan Tiket siap memberikan layanan terbaik untuk Anda. Kami adalah produsen tiket gelang lanyard yang terpercaya dan mengutamakan kualitas untuk setiap pengerjaan. Tidak hanya itu, untuk setiap pemesanan, Anda akan mendapatkan penawaran dengan harga yang terjangkau!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *