Gelang Identitas Pasien, Pilihan Untuk Meningkatkan Manajemen Rumah Sakit

gelang identitas pasien

Meningkatkan tata kelola adalah hal yang perlu dilakukan oleh manajemen rumah sakit. Pasalnya, dengan tata kelola yang baik, bukan hanya pasien yang akan tertangani dengan baik, tetapi rumah sakit pun secara umum akan mendapatkan keuntungan berupa kepercayaan konsumen yang meningkat.

Tentu saja, upaya peningkatan tata kelola layanan rumah sakit bisa dilakukan dengan berbagai cara. Tidak hanya dengan meningkatkan layanan administrasi atau menambah perawat yang berkompeten, detail lain yang terlihat sepele bisa diterapkan, misalnya gelang identitas pasien.

gelang identitas pasien
gelang pasien, sumber informasi untuk perawat. sumber: istockphoto.com

Seperti namanya, gelang identitas ini akan menampilkan informasi pribadi dari pasien. Dengan informasi ini, tentu baik dokter atau perawat akan mendapatkan kemudahan ketika melakukan identifikasi dan tindakan lainnya.

Pengertian Gelang Identitas Pasien

Seperti yang disinggung sebelumnya, gelang identitas pada pasien adalah aksesoris yang berisi informasi pribadi pasien. Pada gelang ini terdapat nama lengkap pasien sesuai KTP, nomor rekam medis pasien, dan tanggal lahir pasien.

Tidak hanya sekadar hiasan dan penanda saja, gelang identitas pada pasien juga memiliki fungsi penting. Salah satu fungsi dari gelang ini adalah untuk menandai pasien mengenai informasi gangguan kesehatan yang diderita dan pengobatan yang pasien tersebut dapatkan.

Selain itu, gelang identitas merupakan anjuran dari International Patient Safety Goal (IPSG) berkaitan dengan penanganan pasien. Adanya gelang identitas yang dikenakan nantinya akan mengurangi risiko kesalahan dalam penanganan pasien yang dilakukan.

Gelang pasien sendiri hadir dengan berbagai inovasi yang ada. Saat ini, jenis gelang ini memiliki sistem barcode yang canggih untuk memudahkan perawat mengetahui rekam medis dari pasien tanpa perlu menghabiskan waktu mencari data dalam dokumen medis.

Warna Gelang Identitas Pasien

Gelang identitas untuk pasien dibuat dengan menggunakan warna yang berbeda. Penggunaan beragam jenis warna ini tentu memiliki maksud dan tujuan tertentu.

Adanya warna yang beragam secara langsung akan memudahkan identifikasi pasien berdasarkan kondisi tertentu. Nantinya, baik dokter atau perawat pun secara lebih cepat bisa mengetahui tindakan apa yang harus mereka terapkan pada pasien tersebut setelah melihat warna gelang pasien yang dikenakan.

gelang identitas pasien
informasi gelang pasien mengurangi risiko salah penanganan. sumber: istockphoto.com

Nah, terkait warna, adapun beberapa warna yang digunakan dalam pembuatan gelang identitas beserta artinya adalah:

1. Gelang Penanda Warna Pink dan Biru

Pink dan biru adalah dua warna yang kerap digunakan dalam pembuatan gelang identitas. Dua warna ini mewakili jenis kelamin yang berbeda dengan warna biru menunjukkan jenis kelamin pria dan pink menunjukkan jenis kelamin wanita.

Kedua gelang ini tidak terikat dengan usia pasien. Oleh karenanya, penggunaannya pun tidak dibedakan ketika pasien tersebut anak-anak atau dewasa.

2. Gelang Penanda Warna Kuning

Kuning menjadi warna berikutnya yang dipakai dalam pembuatan gelang identitas bagi seseorang yang sedang dirawat. Jenis warna gelang ini berfungsi untuk menandai pasien atau penderita yang memiliki risiko terjatuh yang tinggi. Dengan adanya penanda ini, perawat nantinya akan mengetahui jika pasien membutuhkan pengawasan ekstra.

3. Gelang Penanda Warna Merah

Gelang identitas untuk pasien juga dibuat dengan menggunakan warna merah. Arti warna merah pada jenis gelang ini adalah bahwa gelang dibuat khusus untuk penderita yang memiliki tingkat alergi terhadap obat yang tinggi. Tentu, dengan penanda ini, perawat harus berhati-hati ketika memberikan obat kepada pasien.

4. Gelang Penanda Berwarna Ungu

Gelang ini bisa jadi cukup jarang untuk digunakan. Pasalnya, makna warna ungu pada gelang identitas pada pasien adalah seseorang yang dirawat memiliki harapan hidup yang rendah. Istilah lain dari kondisi ini adalah yaitu Do Not Resuscitation (DNR).

Pasien dengan gelang ini perlu penanganan khusus dari tenaga kesehatan ketika mereka tidak sadarkan diri. Atau perkiraan terburuk, upaya untuk resusitasi tidak akan tenaga kesehatan lakukan karena harapan hidup pasien yang rendah.

5. Gelang Penanda Warna Hijau

Bagi pasien yang memiliki alergi lateks, mereka akan menggunakan gelang berwarna hijau. Seperti yang kita tahu, ada beberapa alat medis yang menggunakan bahan lateks ini, contohnya sarung tangan lateks. Jika pasien menggunakan gelang identitas berwarna hijau, maka perawat harus berupaya menghindari adanya reaksi alergi.

gelang identitas pasien
warna hijau menunjukkan pasien memiliki alergi tertentu. sumber: istockphoto.com

6. Gelang Penanda Berwarna Abu-Abu

Warna lain yang digunakan dalam pembuatan gelang pasien adalah abu-abu. Pasien yang mengikuti kemoterapi biasanya menggunakan gelang nama pasien warna ini. Penderita kemoterapi perlu tenaga kesehatan identifikasi karena mereka memerlukan beberapa penanganan khusus.

7. Gelang Penanda Warna Putih

Satu lagi warna yang biasa dijumpai pada jenis gelang informasi pribadi untuk pasien adalah putih. Variasi gelang nama ini bermakna bahwa pasien yang ditangani memiliki kepribadian ganda. Maka, dengan gelang ini, perawat nantinya tidak bingung ketika bertemu pasien ini yang memiliki kepribadian ganda.

Pemasangan Gelang Identitas Pasien

Ada beberapa prosedur ketika tenaga kesehatan akan memasang gelang identitas kepada pasien. Pemasangan gelang nama pasien biasanya berada pada saat-saat tertentu seperti:

  • Pemberian obat
  • Pemberian darah atau produk darah
  • Pengambilan sampel darah atau sampel lainnya
  • Sebelum memberikan obat
  • Sebelum memberikan pengobatan

Selain itu, tenaga kesehatan akan mengidentifikasi pasien untuk penanganan medisnya yaitu dengan cara menanyakan secara langsung kepada pasien. Cara lainnya, tenaga kesehatan akan melihat secara visual identitas pasien melalui aksesoris yang mereka kenakan.

Dalam prosedur pemasangan gelang ini, tenaga kesehatan akan mengikuti prosedur, seperti:

  • Pemasangan gelang pada tangan kanan atau kiri pasien.
  • Tenaga kesehatan akan menjelaskan manfaat gelang, bahaya ketika gelang dilepas, dan agar si pasien dapat mengingatkan tenaga kesehatan tentang penanganannya.
  • Memastikan gelang terpasang dengan nyaman.
  • Gelang akan dilepas ketika pasien dapat dipulangkan oleh tenaga kesehatan.
  • Ketika pemindahan pasien ke unit lainnya, tenaga kesehatan unit tersebut wajib menanyakan kembali identitas pasien dan rekam medis pasien.
gelang identitas pasien
pemasangan gelang pasien dilakukan dengan prosedur tertentu. sumber: istockphoto.com

Bisa dikatakan bahwa gelang nama pasien memang memiliki fungsi yang penting dalam penanganan pasien. Oleh karena itu, penting bagi manajemen rumah sakit untuk menyediakan gelang identitas ini demi membantu tenaga kesehatan dalam menangani para penderita.

Nah, jika Anda ingin meningkatkan manajemen rumah sakit dengan menyediakan gelang identitas bagi pasien, Anda cukup hubungi Jagoan Tiket untuk pembuatan produk gelang yang profesional dan terjangkau!

Rohadi Apri

Rohadi Apri

Leave a Replay